RAKORTEKRENBANG Tahun 2024 Regional I, Dinas Dagperin Prov. Kalteng Hadiri Desk Indikator Kinerja Pemerintah Daerah

DisdagperinKalteng – Surabaya – Selaraskan program dan kegiatan antara pusat dan daerah, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah  mengikuti rangkaian acara Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (RAKORTEKRENBANG) Tahun 2024 Regional I bertempat di Hotel Vasa Kota Surabaya, Senin (26/2/2024). 

Pelaksanaan Rakortekrenbang Tahun 2024 Regional I mencerminkan komitmen Kemendagri dalam mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang efektif dan efisien, serta dalam memfasilitasi koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah guna mencapai tujuan bersama yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementeran Dalam Negeri Suhajar Diantoro dan dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian/Lembaga terkait, Kepala Bappeda Provinsi beserta jajaran, serta Perangkat Daerah Provinsi pengampu urusan pemerintahan daerah.

Dinas Dagperin Prov. Kalteng bersama Tim Teknis berada di Hotel Vasa Surabaya

Usai acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan Desk Indikator Urusan Pemerintah Daerah dengan pembahas dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Bappenas dan Kementerian Perindustrian RI.

Dalam desk indikator kinerja urusan perindustrian  tersebut, dari hasil pembahasan telah diperoleh kesepakatan Target Indikator Kinerja Urusan Perindustrian Tahun 2025 diantaranya: Pertumbuhan  PDRB Sektor Industri Pengolahan Nonmigas  6,20 %, Nilai Ekspor Produk Industri Pengolahan Nonmigas USD 1,15 Miliar, Jumlah Tenaga Kerja Sektor Industri Pengolahan Nonmigas 0,079 Juta Orang, Nilai Investasi Sektor Industri Pengolahan Nonmigas Rp. 2,94 Triliun dan Kontribusi Sektor Industri Pengolahan Nonmigas terhadap PDRB 16,30 %.

Pembahasan Desk Indikator Kinerja Urusan Perindustrian

Pada hari selanjutnya, Selasa (27/2/2024) dilanjutkan dengan Desk Indikator Kinerja Urusan Perdagangan dengan pembahas dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Bappenas dan Kementerian Perdagangan RI.

Sekretaris Dinas Dagperin Prov. Kalteng Syahrani menyampaikan bahwa dalam desk indikator kinerja urusan perdagangan tersebut, dari hasil pembahasan telah diperoleh kesepakatan Target Indikator Kinerja Urusan Perdagangan Tahun 2025 diantaranya: Pertumbuhan  Nilai Ekspor Nonmigas 6 %, Penanganan Pengaduan Konsumen 100 % dan  Kepatuhan Berusaha 100 %.

Pembahasan Desk Indikator Kinerja Urusan Perdagangan

“Dengan adanya kesepakatan antara pusat dan daerah terhadap target indikator kinerja urusan perindustrian dan perdagangan yang dilaksanakan melalui program, kegiatan, dan sub kegiatan dapat mendukung pencapaian target pembangunan nasional,” ungkapnya.

Hadir pula pada kesempatan tersebut yakni Tim Teknis Dinas Dagperin Prov. Kalteng. Sedangkan Perangkat Daerah Prov. Kalteng yang turut hadir mendampingi adalah Bappedalitbang Prov. Kalteng. (Imsoed/Foto:Eve)