Peningkatan Ekspor melalui Pengembangan Desain Produk dan Kemasan, Plt. Kepala Dinas Dagperin Prov. Kalteng Membuka Kegiatan Klinik Konsultasi Desain Produk Unggulan Daerah

DisdagperinKalteng – Palangka Raya – Dalam upaya peningkatan ekspor nasional  melalui  pengembangan  daya saing  produk dan  kemasan,  Direktorat  Pengembangan  Ekspor Jasa  dan  Produk  Kreatif, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian  Perdagangan RI bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Kegiatan  Klinik  Konsultasi  Desain Produk Unggulan  Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah dengan topik “Strategi Peningkatan Ekspor melalui Pengembangan Desain Produk dan Kemasan di Provinsi Kalimantan Tengah”, bertempat di Hotel Luwansa Palangka Raya, Rabu (29/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan konsultasi produk unggulan daerah  kepada pelaku usaha untuk mendorong daya saing ekspor produk unggulan daerah.

Plt. Kepala Dinas Dagperin Prov. Kalteng memberikan Sambutan

Plt. Kepala Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Rangga Lesmana, membuka secara resmi Kegiatan Klinik  Konsultasi  Desain Produk Unggulan  Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) Pelaku Usaha yang berorientasi Ekspor.

Dalam sambutannya, Rangga Lesmana menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pembinaan kepada pelaku usaha yang berpotensi ekspor serta mendukung kesiapan pelaku usaha, khususnya UKM untuk memasuki pasar ekspor melalui peningkatan kualitas produk dan pengembangan desain.

“Kepada seluruh peserta dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kegiatan pada hari ini untuk menyerap ilmu dan informasi dari narasumber. Kita tidak hanya sebatas normatif tetapi harus mempunyai target dan serius untuk menjadi Eksportir dengan komitmen dan konsisten”, pungkasnya.

Narasumber saat menyampaikan Materi Kegiatan

Sementara itu, Ketua Tim Kerjasama dan Data Direktorat Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Bobsi Tua Samosir, mengatakan bahwa persaingan di pasar global semakin ketat dan dinamis. Untuk itu, Kemendag melalui Ditjen. Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag RI, memberikan pendampingan dan fasilitasi untuk menghasilkan produk-produk ekspor bernilai tambah dan berdaya saing.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produk unggulan daerah sebagai salah satu brand Provinsi Kalimantan Tengah dengan menghadirkan desainer yang berkompeten dibidangnya”, ucapnya.

Foto bersama dengan Peserta Kegiatan

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini dari Indonesian Desain Development Center (IDDC), Ditjen. Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag RI Rininta lsdyani yang menyampaikan materi Pengembangan Desain Produk dan Kemasan Berorientasi Ekspor. (Imsoed/Foto:Eve)