Dinas Dagperin Prov. Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang Untuk Menjaga Stabilisasi Harga Kebutuhan Pokok di Kabupaten Pulang Pisau

DisdagperinKalteng – Pulang Pisau – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo buka secara resmi Pasar Penyeimbang yang dilaksanakan di Kantor Camat Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (26/1/2024).

Wagub Kalteng mengatakan kedatangan Gubernur Kalteng dan rombongan di Kabupaten Pulang Pisau ini dalam rangka bersilaturahim dan menyapa masyarakat yang berada Kabupaten Pulang Pisau dan sekitarnya. 

“Kegiatan Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan untuk menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat yang ada di Kabupaten Pulang Pisau dan dapat mengurangi beban masyarakat setempat dalam menghadapi inflasi yang terjadi”, ujarnya. 

Gubernur Kalteng menyapa warga saat berada di Kecamatan Jabiren

Sementara itu, Gubernur Kalteng menyampaikan, pada Pasar Penyeimbang ini disediakan 2000 paket sembako senilai 150 ribu rupiah per paket, tetapi di subsidi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 130 ribu rupiah, sehingga harganya cuma 20 ribu rupiah.

“Sama seperti sebelumnya di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Katingan, saya akan memberikan subsidi lagi senilai 20 ribu rupiah per paket, sehingga paket sembako ini gratis”, ucapnya.  

Usai buka Pasar Penyeimbang di Kecamatan Jabiren Raya, Gubernur Kalteng beserta rombongan juga mengunjungi Pasar Penyeimbang yang berlokasi di depan Stadion HM Sanusi, Kabupaten Pulang Pisau. 

Gubernur Kalteng menyampaikan kata sambutan di Lokasi Pasar Penyeimbang di Stadion HM Sanusi

Wagub Kalteng mengatakan kegiatan Pasar Penyeimbang ini sudah dilaksanakan untuk kesekian kalinya. “Mulai dari beberapa kecamatan di Kotawaringin Timur dan Kabupaten Katingan, dan tadi juga sudah dilaksanakan di Jabiren Raya, besok di Kapuas, dan besoknya lagi akan ke daerah Barito dan berakhir di Kota Palangka Raya”, jelasnya. 

“Kita harapkan dengan adanya Pasar Penyeimbang ini, harga kebutuhan pokok bisa terjamin dan inflasi Kalteng terkendali,” tuturnya. 

Antusias Warga menunggu pembagian Paket Sembako

Sebagai informasi paket sembako pada Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau ini terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, sarden 1 kaleng, dan mie instan 2 bungkus.

Pasar Penyeimbang ini adalah Program Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengendalikan inflasi dan mengurangi beban masyarakat khususnya yang terdampak inflasi yang masih berlangsung hingga saat ini. (Imsoed/Foto:Eve)