Antisipasi Kenaikan Harga BAPOK, Dinas Dagperin Prov. Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang di Kabupaten Murung Raya

DisdagperinKalteng – Puruk Cahu – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo buka secara langsung kegiatan Pasar Penyeimbang yang berlokasi di Halaman Kantor Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Rabu (31/1/2024).

Wagub Kalteng menyampaikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah turut prihatin atas terjadinya musibah banjir yang melanda wilayah Kabupaten Murung Raya. 

Pasar penyeimbang ini di Kelurahan Beriwit disediakan 2000 paket sembako dan pada besok harinya kegiatan yang sama juga digelar di Halaman Kantor Camat Laung Tuhup, Desa Muara Lawung disediakan 1000 paket sembako, Kamis (1/2/2024). 

Wakil Gubernur Kalteng menyerahkan simbolis Paket Sembako kepada warga di Kelurahan Beriwit

Wagub Kalteng mengungkapkan kegiatan Pasar Penyeimbang ini digelar dalam rangka melihat kenaikan harga kebutuhan pokok paska banjir, agar harga tetap stabil dan masyarakat Kabupaten Murung Raya bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan baik. 

“Pada Pasar Penyeimbang ini disediakan paket sembako senilai 200 ribu rupiah dan disubsidi Pemerintah Provinsi sebesar 150 ribu rupiah, sehingga masyarakat menebus dengan harga 50 ribu rupiah. “Namun setelah kami diskusi, kami sepakat bahwa 50 ribunya kami subsidi lagi sehingga paket sembakonya gratis untuk masyarakat”, imbuhnya. 

Warga Antusias menunggu antrian pembagian Paket Sembako

Usai membuka kegiatan Pasar Penyeimbang, Wagub Kalteng mengatakan bahwa situasi negara dan dunia yang tidak menentu saat ini mempengaruhi kehidupan masyarakat, salah satunya ketersediaan pangan yang menyebabkan sumber-sumber pangan mengalami kenaikan harga. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk stabilisasi harga pangan di wilayah Kalimantan Tengah agar tidak terjadi lonjakan. “Beberapa waktu lalu kegiatan yang sama juga dilaksanakan dibeberapa titik lokasi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Katingan, Pulang Pisau dan Kapuas,  hari ini di Murung Raya, besok Barito Utara dan besoknya lagi di Barito Selatan,” ujarnya. 

Wakil Gubernur Kalteng saat menyampiakan Sambutan di Lokasi Pasar Penyeimbang Desa Muara Lawung

Sebagai informasi paket sembako pada kegiatan Pasar Penyeimbang di Kabupaten Murung Raya ini terdiri beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, susu 1 kaleng, teh 2 kotak, dan kopi 2 bungkus. (Imsoed/Foto:Eve)