Kunker Wakil Gubernur ke DAS Barito, Dinas Dagperin Prov. Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang

DisdagperinKalteng – Muara Teweh – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo membuka secara langsung kegiatan Pasar Penyeimbang di wilayah Kabupaten Barito Utara, Kamis (1/2/2024).

Pada kunjungan kerja di Barito Utara, Wakil Gubernur Kalteng membuka Pasar Penyeimbang yang berlokasi di Kantor Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru. Pada pasar penyeimbang ini disediakan 1000 paket sembako.

Wagub Kalteng menyampaikan kunjungannya saat ini bertujuan untuk menanggulangi inflasi.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan pasar penyeimbang bisa mengurangi beban yang diakibatkan pasca banjir”, tutur Wagub Kalteng.

Wakil Gubernur Kalteng membuka Pasar Penyeimbang di Kelurahan Jingah

Selain di Kantor Kelurahan Jingah tersebut, Pasar Penyeimbang juga digelar di Kantor Bulog Muara Teweh dengan menyediakan sebanyak 2000 paket sembako.

Paket sembako yang diberikan untuk 2 (dua) titik lokasi yang dikunjungi Wakil Gubernur Kalteng beserta rombongan senilai 200 ribu rupiah dan mendapatkan subsidi dari Pemprov Kalteng sebesar 150 ribu rupiah, sehingga harganya cuma 50 ribu rupiah untuk masyarakat. Namun demikian, Gubernur Kalteng memberikan subsidi lagi secara pribadi senilai 50 ribu rupiah per paket, sehingga paket sembako ini gratis.

Paket sembako pada Pasar Penyeimbang ini terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, susu 1 kaleng, teh 2 kotak, dan kopi 2 bungkus.

Penyerahan simbolis Paket Sembako oleh Wakil Gubernur Kalteng kepada warga di Kantor BULOG Muara Teweh

Kemudian kunjungan Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo selanjutnya membuka langsung kegiatan Pasar Penyeimbang di Kantor Camat Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur, Jumat (2/2/2024).

Dalam sambutannya, Wagub Kalteng menyampaikan maksud kedatangannya beserta rombongan untuk bersilaturahmi sekaligus dalam rangka kunjungan kerja. Dimana kegiatan ini dilaksanakan di 13 kabupaten dan 1 kota se-Kalimantan Tengah.

“Beberapa waktu lalu sudah ke Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Katingan, Kapuas dan Pulang Pisau. Kemaren sudah ke Murung Raya, Barito Utara, hari ini ke Barito Timur dan nanti ke Barito Selatan”, imbuhnya.

Paket sembako pada Pasar Penyeimbang ini terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, susu 1 kaleng, teh 2 kotak, dan kopi 2 bungkus.

Pada pasar penyeimbang di Kecamatan Pematang Karau ini disediakan 3000 paket sembako. Paket sembako yang diberikan di lokasi ini senilai 150 ribu rupiah dan mendapatkan subsidi dari Pemprov Kalteng sebesar 130 ribu rupiah, sehingga harganya cuma 20 ribu rupiah saja untuk masyarakat. Namun demikian, Gubernur Kalteng memberikan subsidi lagi secara pribadi senilai 20 ribu rupiah per paket, sehingga paket sembako ini gratis. 

Wakil Gubernur Kalteng Foto bersama Warga di Lokasi Pasar Penyeimbang Kecatamatan Pematang Karau

Usai membuka Pasar Penyeimbang di Kabupaten Barito Timur, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo melanjutkan membuka kembali kegiatan Pasar Penyeimbang yang digelar di Halaman Kantor Camat Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan.

“Kami hadir di Kabupaten Barito Selatan ini dalam rangka  mengintervensi apakah pasca musibah banjir ada kenaikan harga bahan pokok atau tidak”, ujarnya. 

Wagub Kalteng menjelaskan, dalam kegiatan Pasar Penyeimbang ini disediakan 2000 paket sembako senilai 150 ribu rupiah dan disubsidi Pemerintah Provinsi sebesar 130 ribu rupiah, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga 20 ribu rupiah. 

“Namun tadi bapak Gubernur Kalteng berpesan bahwa beliau akan memberikan subsidi 20 ribu rupiah sehingga pakat sembakonya gratis,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Kalteng bersama Rombongan berada di Lokasi Pasar Penyeimbang Kecamatan Dusun Selatan

Sebagai informasi, paket sembako pada Pasar Penyeimbang di titik lokasi di Kabupaten Barito Timur dan Barito Selatan ini terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, sarden 1 kaleng dan kopi 1 bungkus.

Wagub Kalteng berharap kehadiran dari jajaran Pemprov Kalteng untuk menyapa masyarakat se Kalteng sekaligus menjadi harapan untuk memberikan semangat kepada masyarakat untuk terus melaksanakan aktivitas sebagaimana mestinya. (Imsoed/Foto:Eve)