Rangkaian Kegiatan Jalan Sehat dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, Dinas Dagperin Prov. Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang

DisdagperinKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo membuka langsung kegiatan pasar penyeimbang di Halaman Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng, Minggu (4/2/2024).

Wagub Kalteng menyampaikan, bahwa kegiatan pasar penyeimbang ini adalah dalam rangka pemerintah melaksanakan intervensi terhadap kenaikan harga, khususnya sembako seperti beras, gula, minyak goreng dan bahan pokok lainnya di pasaran.

“Sekarang dengan adanya intervensi pemerintah maka diberikan subsidi kepada masyarakat, dan kami berharap semoga dengan adanya kegiatan pasar penyeimbang ini stabilitas harga bisa terjaga dengan baik” ucapnya.

Wakil Gubernur Kalteng menyerahkan simbolis Paket Sembako kepada warga di Halaman Kantor Dispora

Pada Pasar Penyeimbang di Halaman Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng ini disediakan sebanyak 2000 paket sembako dengan harga  150 ribu rupiah dan disubsidi Pemerintah Provinsi sebesar 130 ribu rupiah, sehingga masyarakat cukup membayar dengan harga 20 ribu rupiah.

Lokasi Pasar penyeimbang lainnya berada di Halaman Kantor Lurah Tanjung Pinang berjumlah 1000 paket sembako dan di Halaman Kantor Lurah Kalampangan dengan berjumlah 1000 paket sembako dengan harga 150 ribu rupiah dan disubsidi Pemerintah Provinsi sebesar 130 ribu rupiah, sehingga masyarakat cukup membayar dengan harga 20 ribu rupiah.

Pelaksanaan Pasar Penyeimbang di Kelurahan Tanjung Pinang yang dibuka oleh Wakil Gubernur Kalteng

Wakil Gubernur Kalteng mengatakan kegiatan Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan untuk menjaga stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pasar Penyeimbang ini adalah Program Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengendalikan inflasi dan mengurangi beban masyarakat khususnya yang terdampak inflasi yang masih berlangsung hingga saat ini, meskipun inflasi di Kalteng cukup terkendali”, ujarnya.

Wakil Gubernur Kalteng Foto bersama Warga di Kantor Kelurahan Kalampangan

Sebagai informasi, Paket sembako pada Pasar Penyeimbang ini terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, sarden 2 kaleng dan mie instan 2 bungkus.

Kegiatan Pasar Penyeimbang merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk menekan laju kenaikan inflasi, sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu atau yang berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. (Imsoed/Foto:Eve)